Minggu, 21 Februari 2010

Mendatangkan TOKEK dengan MANTRA

Ini pengalaman cukup unik. Saya punya seorang teman. Asalnya dari Jawa, tapi sudah lama menetap di Kalimantan. Kerjaannya tiap hari cuma nangkap tokek di berbagai penjuru daerah. Cuma, cara menangkapnya tidak sembarangan. Dia punya sejumlah mantra yang cukup ampuh. Jika mantranya telah dilepaskan, sejumlah tokek pun seolah datang mendekatinya. Tak peduli tokek itu ada di pohon besar dan tinggi, atau di tempat paling sulit ditangkap sekalipun. Saya pernah diajari mantra menangkap tokek itu, tapi saya tetap tidak bisa mempraktikkan.

Tak hanya itu, dia juga menggunakan hitung-hitungan (petung) cara Jawa. Jika dia akan beruru tokek, dia harus mencocokkan jam dan tanggal. Setelah hitung-hitungannya ketemu, lalu dia menentukan arah kemana akan berburu. Tak heran, dalam sehari dia bisa menangkap puluhan bahkan ratusan tokek. Hanya saja, dia tidak mau menangkap semua tokek. Yang masih kecil dilepasnya kembali, sedang yang besar dibawanya pulang.

Orang ini sangat yakin bahwa tokek bukanlah binatang sembarangan. Hewan ini sering berkolaborasi atau dimanfaatkan oleh makhluk gaib. Jadi, memperlakukan tokek juga tidak boleh sembarangan. Juga, untuk membawa dan menjualnya. Makanya, dia tidak sembarangan menjual tokeknya. Hanya kepada orang-orang yang dipercayanya saja dia memberikan tokeknya.

Pernah suatu hari, dia pamit untuk berburu tokek. Dengan uang seadanya, dia naik kapal dari Kalimantan menuju Jawa. Dia selalu kontak-kontakan dengan saya saat di lapangan. Setelah seharian naik kapal, dia pun langsung terjun ke lokasi yang diperkirakan banyak tokek. Tempat berburu favoritnya adalah pekuburan. Kuburan yang dianggap angker oleh masyarakat, justru dia lebih suka. Sebab, di tempat-tempat seperti itulah tokek lebih senang bersembunyi. Sesuai kodratnya, tokek adalah hewan yang tak suka tempat ramai, atau banyak orang. Jadi, di pekuburan (yang angker), dia bisa lebih tenang hidup. Karena di tempat itu jarang dijamah manusia. Hari pertama di Jawa, dia langsung kontak saya. Baru beberapa jam berburu, dia sudah mengantongi 24 tokek berukuran 2 ons up. Hari hari berikutnya, dia selalu menghabiskan waktu di pekuburan dan hutan-hutan kecil.

Soal keanehan tokek, saya juga sering mengalami. Pernah suatu hari, kawan saya seorang peternak tokek besar ingin memamerkan tokek antiknya kepada saya.Tokek itu hanya punya tiga kaki, yang belakang dua dan depan satu. Tokek itu ditaruh di kandang berukuran sekitar 40X60cm. Dalam kandang itu juga diletakkan sembilan tokek lain, jadi jumlahnya ada 10 ekor. Saat memberi makan tokek pada pagi hari, tokek itu masih ada. Tapi begitu siang hari, saat saya lihat di kandang itu, tokek itu menghilang. Kejadian itu cukup aneh, mengingat kandang itu cukup kecil dan terlihat bagian dalamnya secara jelas. Tak ada tempat persembunyian di dalam kandang itu. Dicek selama hampir satu jam, tokek itu tetap tidak muncul juga. Anehnya, tiba-tiba saja tokek itu muncul saat saya akan pergi.

Keanehan lain adalah tokek peliharaan saya terlihat tidak sehat, padahal makanan rutin diberikan. Pembuatan dan penempatan kandang juga cukup representatif. Tokek-tokek peliharaan itu, terlihat aneh. Terkadang terlihat seperti mati, tak ada tanda-tanda kehidupan. Tapi, beberapa waktu kemudian dia menghilang lagi di dalam kolong bambu di dalam kandang. Saya pun memberitahukan hal itu kepada teman saya yang pemburu tokek itu. Dia pun langsung paham. Saya disuruhnya memberi seutas tali dari sabut dan beberapa butir kacang hijau. Dia bilang, itu sebagai syarat agar tokek tidak dihinggapi makhluk halus. Benar saja, begitu saya ikuti sarannya, ternyata tokek-tokek saya langsung terlihat sehat-sehat. Tak hanya itu, tiga hari berikutnya, badannya terlihat lebih segar, sehat dan gemuk-gemuk. Tidak seperti sebelumnya, kulitnya pucat dan tidak aktif. Nah, jika Anda memelihara tokek, ada baiknya kandangnya diberi tali sabut dan kacang hijau mentah.

Meski ini bukan hal yang rasional, mengingat dua benda itu tidak ada hubungannya dengan makanan tokek, tapi tak ada salahnya dicoba. Toh harganya sangat terjangkau. Jadi tak ada salahnya dicoba. Selamat beternak tokek…

23 komentar:

  1. Cara menangkap.. Atau doanya buat datangkan tokek bisa minta atau diijasahkan ngak

    BalasHapus
  2. Yang punya tokek 45cm keatas dan betul2 mau mengalihrawatkan tokeknya plus mau mengikuti aturan pemaharan dari buyer maka bisa hubungi saya mediator langsung buyer TP, Sylvia Jefry Banten wa 081288895187

    BalasHapus
  3. wa sya ada ni tpi punga temen ukuran 44 msuk kategori gk ni

    BalasHapus
  4. 43,5 cm sudah bisa tuh pak bravo. Ini nmor WA saya 085766377950. Paling rendah ukuran 43 cm.

    BalasHapus
  5. 43 cm sudah bisa pak bravo 44 cm lebih bgus. Klau emng ada saya langsung turun kelapangan sma buyer saya. Ini nmor WA saya 085766377950

    BalasHapus
  6. sblmnya mf...tali dari sabut(sabut itu apa ya?)
    kacang hijau yg panjang buat sayurkah?

    BalasHapus
  7. tmn ada gecko 28cm mahar brp gan?trims...

    BalasHapus
  8. Permisi numpang post...bagi bapak atau ibu yg membutuhkan tokek semua ukuran bisa menghubungi sya di nomor 081358563301.lokasi Kupang NTT

    BalasHapus
  9. saya punya tokek boxer ,beratv40ns dijual rp 50 milyar, panjang 39cm, lokasi di lawang Malang, , kepada bos bos yg minat silahkan hub wa saya 082330271033 ato 085236947397, wasalam mbah yono

    BalasHapus
  10. butuh sponsor tokek untuk nyempurnakan , panjang 60 cm, rp 20 juta, jaminan tanah 6000 m, masa disempurnakan 10 hari, pemebeliku berani borongan rp 50 trlion, hubungi aku mbah yono 082330271033 ato 085236947397, lokasi barang di Malang.

    BalasHapus
  11. Bagi peminat "Tokek Pinjaman dr Keramat". Ukuran dan durasi waktu sesuai kesepakatan. Dari daerah sekitar Banjar, Jabar. Saya bisa bantu pertemukan dengan Pawangnya. Hub, 082315829200

    BalasHapus
  12. Apa memang ad tokek ukuran 45cm...

    BalasHapus
  13. Hub no ku aku ada ready 43 cm sampai 46 cm 081333575128

    BalasHapus
  14. Video dan poto doang yg nyebar, ujung2nya pada ngamen recehan. Diajak gambling 1 : 10 pada kabur, disuruh ikuti mekanisme minta duit mlulu... 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus